Saturday, July 2, 2016

Winglet Dilarang di MotoGP




Minggu, 26 Juni 2016

Winglet akan segera dilarang pada MotoGP pada tahun 2017. Pertemuan yang khusus diselenggarakan untuk membahas masalah ini di Assen, Belanda (25/06/2017). Grand Prix Commission (GPC) telah membuat keputusan resmi setelah asosiasi pabrikan motor (MSMA) tidak mampu untuk mencapai kesepatan antar merek winglet sebagai pengajuan proposal awal.

Peranti aerodinamis tersebut sudah banyak menuai debat selama beberapa pekan terakhir, dimana winglet dianggap sebagai salah satu peranti penting. Winglet digunakan untuk mengatasi kelemahan dari ECU mandatory karena kurang bisa mengendalikan motor saat telah keluar dari tikungan yang menyebabkan ban dapat terangkat cukup tinggi.

Tim pabrikan seperti Ducati pun semakin banyak menerapkan piranti ini tetapi banyak pihak kurang setuju karena dapat mengancam keselamatan rider saat motor mengalami kecelakaan. Diskusi sudah dari pihak GPC saat GP Italia di Mugello, namun masih belum menemukan kata sepakat atas penggunaan winglet ini.

Pemegang hak katas MotoGP yaitu Dorna, Federasi Motosport (FIM), IRTA segera memberikan rekomendasi kepada MSMA. Jika saja MSMA dapat memberikan proposal yang dapat mengakomodasi mengenai ukuran winglet maka peranti ini dapat saja digunakan dan jika tidak maka akan dilarang.

Setiap pabrikan seperti Honda, Ducati dan Yamaha juga mempunyai pendapat mereka sendiri. Setiap pabrikan mempunyai pendapat dan teori dan sangat sulit untuk mencapai kata sepakat. Intinya banyak pihak menginginkan batasan soal ukuran tetapi masih tetap mempertahankan bentuk aerodinamikanya. Aturan ini hendaknya dapat mengakomodasi winglet dan Ducati juga telah berusaha untuk mengakalinya.

No comments:

Post a Comment